5 Tips Merawat Mobil Bermesin Manual yang Benar

Mobil adalah kendaraan beroda empat yang banyak di gunakan orang pada saat ini. Kenyamanan yang ditawarkannya membuat Anda memang lebih memilih menaiki mobil daripada harus berkendara dengan motor. Namun, sudah tahukah Anda bagaimana tips merawat mobil dengan benar? Dengan melakukan perawatan yang benar, pastinya mobil Anda akan terhindar dari kendala saat sedang dikendarai.

Mobil bermesin manual memang masih menjadi banyak andalan untuk para pengguna kendaraan sehari-hari. Tentunya dengan keadaan mesin yang prima, aktivitas Anda menjadi tidak terkendala. Berikut adalah tips merawat mobil bermesin manual yang benar yang bisa Anda terapkan dalam mobil Anda.

  1. Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Oli merupakan komponen pendukung yang paling penting bagi performa mesin mobil Anda. Biasanya penggantian oli dilakukan tiap tertempuh jarak 3000 sampai 5000 kilometer. Oli berfungsi sebagai pelumas bagian dalam mesin mobil Anda. Penggunaannya selama terus menerus akan menjadikan komponen cairan dalam oli menjadi teruapkan, dan oli semakin lama semakin kental.

Bila oli sudah terlalu lama tida di ganti, kerja mesin mobil semakin berat dan konsumsi bahan bakar tentunya menjadi semakin boros. Usahakan hanya menggunakan oli mesin mobil yang direkomendasikan khusus untuk jenis mobil Anda.  Untuk lebih pastinya konsultasikan dengan bengkel kepercayaan Anda untuk mendapatkan tipe oli yang terbaik.

  1. Bukan Hanya Oli Mesin

Beberapa komponen lain dalam mobil Anda menggunakan oli khusus yang berbeda-beda. Bukan hanya mesin yang butuh  oli, power steering dan sistem pengereman Anda juga butuh oli khusus. Pastikan kedua komponen ini turut mendapatkan perhatian saat Anda melakukan service berkala.

Bila oli power steering sudah hampir habis, akan membuat setir mobil Anda menjadi berat. Hal ini tentunya akan menyulitkan Anda dalam berkendara. Bila saat menyetir Anda menemukan bunyi ketika Anda berbelok, itu pertanda oli power steering Anda mungkin sudah mulai habis.

Oli (atau minyak) rem juga harus selalu diperhatikan. Minyak rem memudahkan fungsi kerja sistem pengereman Anda. Sebagai faktor yang paling penting dalam untuk keselamatan, jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan fungsi pengereman mobil Anda.

  1. Mengecek Air Radiator atau Coolant

Radiator mobil berfungsiuntuk mendinginkan panas yang terjadi dalam mesin mobil Anda. Bila Anda lalai mengecek air radiator, lalu mesin menjadi terlalu panas, hal ini akan mengakibatkan bagian dalam mesin Anda menjadi rusak parah. Kondisi ini yang dikenal dengan sebutan overheat mesin. Anda bisa menambahkan sendiri air radiator dengan menggunakan air khusus untuk radiator atau coolant.

  1. Ganti Spare Part Mobil Hanya Dengan yang Original

Terjadinya kerusakan tidak akan bisa dipungkiri. Setiap mesin yang bergerak pasti harus mengalami penggantian spare part yang aus karena pemakaian. Bila Anda peduli dengan kualitas, maka ada baiknya Anda selalu menggunakan spare part yang original. Dengan menggunakan spare part yang original, maka konstruksi dari mesin Anda tidak akan banyak perubahan. Tetap seperti sedia kala.

Penggunaan spare part yang tidak original terkadang menimbulkan permasalahan tambahan di kemudia hari. Karena ukuran dan bentuknya yang tidak presisi sering kali bengkel melakukan penyesuaian pada mesin mobil untuk bisa memasang spare part yang tidak original. Membeli yang original memang lebih mahal, namun Anda akan mendapatkan hasil yang sepadan dan nyaris sempurna kembali.

  1. Lakukan Tune Up Secara Rutin

Dengan melakukan tune-up, Anda akan mengetahui kondisi mesin Anda saat ini seperti apa. Terkadang beberapa permasalahan bisa diatasi lebih dini karena telah diketahui di awal. Anda bisa melakukan tue up di bengkel-bengkel resmi atau bengkel kepercayaan Anda yang memiliki fasilitas ini. Dengan melakukan tune up secara rutin, kondisi kesehatan mesin Anda akan terus terpantau.

Must read×

Top