Tips Traveling Bareng Anak Menggunakan Kendaraan Pribadi

Tips Cara Memilih Partner Traveling Biar Liburanmu Makin Seru

Anak bagi pasangan yang sah adalah anugerah, oleh karena itu kelahirannya sangat dinanti-nantikan. Meski status Anda berubah menjadi orang tua selepas Anda memiliki anak, tidak berarti Anda harus berhenti melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa Anda lakukan ketika lajang, travelling ke luar kota misalnya. Malah berlibur bersama Anak adalah family time yang cocok sekali untuk saling menguatkan ikatan emosional.

Tapi bagainama jika anak Anda masih berusia balita? Membawa anak di bawah umur lima tahun memang sedikit ribet. Bayangkan jika sedang asyik-asyik berlibur lalu anak Anda merengek minta asi atau ngompol di celana. Bisa-bisa liburan Anda menjadi mimpi buruk.

Liburan seperti itu sebenarnya bisa dicegah jika Anda sebagai orang tua memahami dengan baik kebutuhan anak Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika hendak berlibur bersama anak di bawah usia lima tahun.

  • PERSIAPKAN MAINAN

Salah satu hal yang bisa mengalihkan anak bayi dari menangis atau merengek-rengek adalah dengan memberikannya mainan. Ada banyak mainan bayi yang dijual secara bebas. Ada banyak toko online juga yang jual mainan bayi dengan harga murah, mainan bayi Ange misalnya.

Meski begitu, Anda harus pintar memilih mainan yang sehat dan aman untuk anak bayi Anda. Sebelum membeli, pilihlah mainan yang terbuat dari material yang tidak berbahaya serta tidak memiliki kemungkinan untuk menyebabkan anak terluka. Mainan seperti ini bisa didapatkan dengan harga diskon. Apalagi jika Anda membeli ketika sedang ada promo.

  • MEMPERSIAPKAN KEPERLUAN UNTUK BAYI ANDA

Ketika berlibur atau travelling keluar kota, bayi Anda bagaimana pun juga harus menjadi prioritas. Jika Anda bisa tampil kasual dengan persiapan yang seadanya, maka bayi Anda tidak bisa. Jangan tinggalkan barang-barang penting yang akan bayi Anda butuhkan semisal popok, minyak, pakaian hingga obat-obatan. Ingat, bayi Anda masih cukup rentan untuk dibawa ke tempat asing.

  • KENALI DAERAH LIBURAN ANDA

Mengenali karakteristik daerah yang menjadi tujuan berlibur Anda juga perlu dilakukan. Selain mengetahui tempat-tempat mana saja yang akan Anda kunjungi, jangan lupa petakan tempat-tempat penting yang barangkali akan Anda butuhkan dalam keadaan mendersak seperti rumah sakit atau klinik serta tempat yang menyediakan kebutuhan bayi. Melakukan pemetaan seperti ini akan membuat Anda sigap ketika bertemu dengan keadaan yang tidak terduga.

  • PELAJARI PERTOLONGAN PERTAMA PADA BAYI

Namun menurut zona berita, jika di sekitar tempat berlibur Anda tidak terdapat klinik atau rumah sakit, maka mau tidak mau Anda harus mempelajari apa saja yang harus Anda lakukan ketika bayi Anda dalam keadaan yang tidak menguntungkan. Semisal, kenapa bayi Anda tiba-tiba menderita demam ketika tiba di tempat liburan, atau menjadi sering menangis dan muntah.

Pemahaman yang benar akan membuat Anda sigap memberikan pertolongan pertama sebelum Anda menelepon ambulans dan membawa bayi Anda ke rumah sakit terdekat.

  • AMBIL PILIHAN YANG CERDAS, JANGAN MENGAMBIL RISIKO

Sudah menjadi orang tua memberikan Anda tanggung jawab berlebih. Anda tidak hanya dituntut untuk menjaga diri Anda sendiri, melainkan juga dituntut untuk menjada bayi Anda. Jika Anda suka dengan tipe liburan backpacker maka ambillah pemikiran cerdas bahwa sekalipun menyenangkan hal itu tidak cocok untuk bayi Anda. Begitu juga untuk hal-hal lain. Ambillah keputusan yang paling cerdas dengan risiko minimal untuk menentukan tempat menginap, menghitung pengeluaran dan lama berlibur.

  • SERVIS KENDARAAN SEBELUM BERANGKAT

Jika Anda berencana untuk berliburan, hal yang paling penting ketika Anda hendak membawa kendaraan adalah jangan lupa untuk melakukan servis kendaraan. Dengan demikian, perjalanan Anda pun akan menyenangkan dan aman.

Must read×

Top