Merokok atau Dengar Musik Saat Berkendara Bisa Dihukum 3 Bulan Penjara

Jurnalotomotif.com – Ramai diperbincangkan rencana polisi untuk menindak para pengemudi yang mengendarai kendaraan sambil mendengarkan musik atau radio. Aturan ini tidak hanya untuk pengemudi roda empat, tapi juga untuk para pengemudi roda dua.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, sudah ada payung hukum yang bisa jadi dasar bagi polisi untuk menindak. Yaitu Pasal 106 ayat 1 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009.

Pasal itu menyebutkan, tiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

“Penjelasan penuh konsentrasi adalah penuh perhatian, dalam arti tidak boleh melakukan kegiatan dipengaruhi oleh perilaku yang dapat menurunkan tingkat konsentrasi,” kata Budiyanto kepada VIVA, Jumat, 2 Maret 2018.

Perilaku yang dimaksud, kata Budi, seperti menggunakan telepon genggam, penggunaan alkohol, narkotika, termasuk mendengarkan musik saat mobil berjalan.

“Karena apabila mengendarai kendaraan bermotor tidak konsentrasi dapat berpotensi pada masalah-masalah kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya.

Lantas bagaimana dengan merokok?

“Merokok, mendengarkan radio atau musik atau televisi (untuk pengguna roda empat) melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 106 Ayat 1 junto Pasal 283 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujar Budi kepada Kompas.com, Kamis (1/3/2018).

Dalam Pasal 283 disebutkan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

“Menurut survei yang kami lakukan, merokok, mendengarkan musik, dan kegiatan lain yang termasuk dalam tindakan yang tidak wajar dalam berkendara dapat menurunkan konsentrasi dalam berkendara dan memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas,” kata Budi.

Selama ini polisi terus melakukan sosialisasi dan operasi untuk membuat masyarakat sadar mengenai bahaya melakukan berbagai tindakan tersebut saat berkendara.

Tags: #Tilang

Must read×

Top