Mobil China Mulai Menginvasi Jalanan di Indonesia


Produsen otomotif asal China seperti Wuling Motors dan Sokonindo Automobile sudah mulai ikut meramaikan pasar nasional.

Tidak tanggung-tanggung, kedua merek itu langsung berinvestasi mendirikan pabrik perakitan di Tanah Air. Investasi yang dikucurkan pun tidak sedikit, Wuling menggelontorkan dana hingga 700 dollar AS untuk bersaing dengan merek asal Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat (AS).

Pabrik perakitan yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Blok BA Nomor 1 dan 2, Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, itu merupakan perusahaan kerja sama 3 pihak, yaitu SAIC dengan saham kepemilikan sebesar 50,1 persen, General Motor China dengan 44 persen, dan Guangxi Automobile Group ( Wuling Motor) dengan 5,9 persen.

Tempat perakitan yang berdiri di atas area seluas 60 hektar tersebut terbagi menjadi dua bagian, untuk lokasi perakitan serta pemusatan penyuplai asal China dan Amerika Serikat. Ada 3.000 tenaga kerja yang terserap di dalamnya.

Selain Confero, tahun depan Wuling juga berencana meluncurkan produk baru di segmen MPV menengah, yaitu Cortez.

Wuling Cortez. (Foto: Istimewa)

Baca: Ini Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Meremehkan Mobil Cina

Sementara Sokonindo Automobile atau Sokon baru meresmikan pabrik di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Tempat perakitan itu berdiri di atas lahan 20 hektar, dengan kapasitas produksi hingga 50.000 per tahunnya.

Investasi yang digelontorkan mencapai 150 juta dolar Amerika Serikat (AS), dan akan ditingkatkan hingga Rp 300 juta dolar AS untuk membangun engine plant.

Selain itu, 90 persen dari tenaga kerja yang ada merupakan sumber daya manusia (SDM) Tanah Air, yang terus menerus akan mendapatkan binaaan dan pelatihan untuk menjadi mahir di industri otomotif tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal.

Target lainnya adalah menempatkan generasi muda Indonesia pada posisi manajemen bidang manufaktur, teknologi, kualitas, dan penjualan.

Pabrik tersebut akan menciptakan 2.000 tenaga kerja langsung, belum termasuk sekitar 4.000-4.500 lainnya yang terserap pada operasional mata rantai produksi dan distribusi, mulai dari pemasok sampai jaringan dealer.

Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.(Foto: Ghulam/KompasOtomotif)

Tahap awal, merek asal China itu akan meluncurkan SUV Glory 580 pada awal 2018. Model itu bakal punya dua pilihan mesin, yaitu 1.5L dan 1.8L.

Kedua merek itu akan bersaing dengan produsen otomotif yang sudah ada di Indonesia. Bahkan, masuknya produk China ini bisa menjadi ancaman buat pabrikan lain, karena banderol dan kualitas yang ditawarkan cukup bagus.

Baca juga: Mana yang Lebih Laris, Wuling Confero atau Small MPV Mitsubishi?

Tags: #Sokon #Wuling

Must read×

Top