Mobil Bekas Murah dan Berkualitas Bisa Didapatkan dengan Cara Ini!

Harga mobil kian hari kian mahal, ditambah lagi dengan tarif pajak yang semakin melambung membuat banyak orang memilih untuk mengurungkan niatnya membeli mobil baru, terutama bagi mereka yang belum merasa tercukupi keadaan finansialnya. Namun jangan terburu-buru putus asa, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi keinginan Anda memiliki mobil sendiri. Salah satunya adalah dengan membeli mobil bekas. Agar tidak tertipu oleh dealer atau penjual mobil bekas, ini dia beberapa tips dapatkan mobil bekas murah dan berkualitas:

  • Ketahui apa yang Anda butuhkan dan inginkan.

Bagi banyak orang, membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan merupakan sebuah keutamaan karena itu berarti Anda tidak menghambur-hamburkan untuk segala sesuatu yang belum atau tidak Anda butuhkan. Sama halnya dengan membeli mobil, sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalkan jika Anda masih single atau belum memiliki anak, mobil city car, sedan atau hatchback akan lebih efisien dibandingkan dengan tipe minibus. Berbeda jika Anda memiliki usaha yang membutuhkan mobil sebagai sarana angkut barang usaha Anda, mobil jenis minibus atau MPV lebih efisien.

  • Tanyakan sejarah mobil.

Menanyakan sejarah mobil juga tak kalah wajib untuk meminimalisir kerugian di masa yang akan datang. Tanyakan pada si penjual, apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan/tabrakan, terendam banjir atau pernah turun mesin. Informasi jelas mengenai mobil adalah salah satu landasan penting dalam memutuskan untuk membeli mobil tersebut atau tidak.

  • Pahami soal mesin.

Kondisi mesin juga harus jadi pertimbangan yang serius saat membeli mobil bekas. Jangan hanya dilihat dari tampilan luar atau harganya saja. Bisa jadi itu adalah mobil bekas murah dan juga masih termasuk keluaran baru. Namun hal tersebut tidak menandakan bahwa mobil tersebut berkualitas bukan? Jadi pastikan saat membeli mobil bekas, pahami terlebih dahulu soal mesin atau jika Anda hanyalah orang awam yang kurang mengerti soal otomotif, Anda bisa membawa serta orang yang paham akan mesin mobil seperti mekanik bengkel baik teman, saudara atau dengan membayar orang lain untuk mengecek kondisi mesin.

  • Periksa catatan kendaraan.

Mobil yang secara rutin diservis sudah pasti memiliki performa yang masih bagus. Cuma ada satu cara untuk dapat mengetahui hal tersebut secara pasti yaitu dengan memeriksa catatan servis kendaraan. Setiap kali mobil diservis, maka petugas bengkel akan memberi tanda atau catatan servis berkala serta komponen mobil manakah yang diganti. Sehingga Anda bisa mempertimbangkan sendiri, mobil tersebut terawat dengan baik atau tidak.

  • Jangan buru-buru saat test drive.

Setelah Anda selesai mengecek kondisi body, mesin serta catatan servis kendaraan pada mobil tersebut, maka sekarang saatnya Anda untuk meminta ijin melakukan test drive yang mana biasanya akan dipandu sendiri oleh pihak dealer atau penjual. Dengan melakukan test drive ini, Anda akan mengetahui secara pasti bagaimana performa mobil tersebut. Perhatikan beberapa aspek seperti suara dan getaran mesin, tarikan gas, rem, persnelling hingga AC mobil. Jadi jangan terburu-buru saat test drive.

  • Bandingkan terlebih dahulu.

Jangan tergesa-gesa memutuskan membeli mobil di penjual A atau dealer B saja, Anda harus melakukan beberapa perbandingan. Luangkan waktu untuk mampir dari satu dealer ke dealer lain untuk menanyakan beberapa hal di atas, namun jika tidak ingin ribet, sekarang ada internet (situs jual beli online) yang dapat membantu Anda untuk menemukan berbagai informasi mengenai mobil bekas murah dan berkualitas.

 

Must read×

Top