Ban Motor Bisa Awet dan Tahan Lama Melalui Perawatan Berikut!


Motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak di Indonesia dan paling sering digunakan karena lebih cepat untuk mencapai tujuan dibandingkan dengan mobil terutama di kota besar. Agar motor tersebut awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Salah satu komponen yang harus dijaga dengan benar adalah ban motorJika motor tidak menggunakan ban maka motor tersebut tidak bisa digunakan.

Untuk menjaga ban kendaraan roda dua tersebut, ada beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah cek kondisi dari bearing ban. Jika ada bagian yang kocak di leher ban maka Anda harus segera membetulkannya sehingga tidak membuat ban tersebut menjadi lebih tipis dan memiliki tekanan yang besar. Kedua adalah dengan menghindari pengereman mendadak. Pengereman biasanya terjadi karena berbagai macam faktor dan salah satunya adalah karena Anda suka ngebut dan sering melakukan rem mendadak. Pengereman mendadak tersebut bisa menyebabkan ban menjadi semakin tipis dan lebih rawan bocor.

Ketiga adalah menjaga tekanan ban standar. Tekanan ban untuk motor normalnya adalah tidak kurang dari 30 Psi atau biasanya di bagian motor, ada petunjuk berapa tekanan ban yang sebaiknya Anda jaga. Jika tekanan udara di dalam ban motor terlalu keras maka bisa menyebabkan ban untuk motor Anda lebih mudah selip. Sedangkan jika tekanan pada ban dibawah standar atau terlalu rendah bisa menyebabkan kontur ban rusak dan velg penyok sebab digunakan untuk melintasi jalan berlubang. Jika dibiarkan maka Anda harus mengganti velg tersebut dengan komponen motor yang bisa Anda beli di toko online yang menjual komponen atau onderdil motor.

Keempat adalah hindari membawa beban terlalu banyak. Tidak sedikit orang yang membawa beban lebih banyak dibandingkan yang disarankan atau yang bisa ditahan oleh motor tersebut. Jika bebannya lebih dari beban maksimal, hal tersebut tidak hanya bisa mempengaruhi kerja ban namun juga bisa merusak shock breaker pada motor Anda. Kelima adalah perhatikan medan yang hendak Anda lalui. Jika Anda tinggal di tempat dengan jalan yang bergelombang, maka pacu motor Anda lebih pelan agar Anda tidak hanya bisa membantu untuk menjaga keawetan komponen motor namun juga membuat Anda lebih bisa untuk mengendalikan motor Anda.

Keenam adalah memilih ban yang tepat untuk motor Anda. Bila Anda tinggal didaerah dengan kondisi jalanan yang rata dan beraspal, Anda bisa untuk memilih jenis ban racing dengan ukuran yang tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu besar. Ban yang terlalu kecil lebih mudah slip dan jika terlalu besar, kecuali motor Anda adalah motor besar, akan membuat Anda susah untuk mengendalikannya. Jika Anda tinggal di tempat yang kondisi jalannya berlumpur ataupun bergelombang, sebaiknya pilih jenis ban offroad.

Sedangkan untuk merawat ban motor bagian dalam agar ban lebih awet yaitu:

  • Memberi air di bagian dalam ban. Caranya adalah:
  1. Kempeskan ban untuk motor terlebih dahulu dengan cara mencabut pentil ban.
  2. Ambil mekanisme pentil ban.
  3. Masukkan air di bagian dalam ban dengan menggunakan sedotan ataupun sendok sebanyak 2 sdm untuk bagian ban depan dan 3 sdm untuk ban belakang.
  4. Pasang kembali pentil ban dan pompa ban kendaraan motor Anda.
  • Perhatikan bagian pentil ban dan cek apakah mengalami kebocoran atau tidak dengan cara memberikan air sabun di lubang pentil dan jika muncul gelembung udara maka pentil ban bocor.

Must read×

Top