Pilih Mana, Fortuner, Pajero Sport atau Trailblazer? Cek Fiturnya di Sini

Jurnalotomotif.com – Chevrolet Trailblazer baru saja masuk di tanah air. Kendaraan sport utility vehicle (SUV) menengah dengan model baru ini akan menambah persaingan di sepanjang 2017 ini.

Sebagaimana diketahui, pemain yang telah hadir lebih dahulu yakni Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, Isuzu MU-X, dan Ford Everest. Terlepas dari nilai esensial sebuah kendaraan penumpang, masih-masing merek juga menyematkan fitur tambahan, untuk ‘merayu’ konsumen, mulai dari keamanan, kenyamanan, dan hiburan.

Kali ini, JurnalOtomotif.com mencoba merangkum sejumlah fitur dari tiap model tersebut, terutama dari sisi keamanan, di mana isu keselamatan penumpang sudah semestinya menjadi prioritas bagi produsen mobil yang memasarkan produknya di sini.

All New Pajero Sport tiba di Way Kambas.

All New Pajero Sport tiba di Way Kambas. (Foto: Setyo Adi/Otomania)

Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport menawarkan berbagai fitur, terutama dalam hal keselamatan pengemudi. Beberapa teknologi keselamatan terbaru, semacam Active Stability & Traction Control (ASTC), Hill Start Assist (HSA), dan Trailer Stability Assist (TSA), tersedia, terlepas dari dual airbag di bagian depan, plus Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD).

Seluruh fitur tersebut mampu mendukung kestabilan berkendara saat bermanuver, baik saat berada di tanjakan, maupun saat menarik beban.

Kemudian ada juga Water Screen Improvitation, yang mampu menghidupkan wiper secara otomatis, ketika kaca depan kena cipratan air, ini sangat membantu visibilitas.

Mitsubishi juga mengklaim, mereka mendesain modi Pajero Sport yang bisa mengakomodasi keselamatan penumpang, dengan crumple zone (zona remuk) sasis yang efektif menyerap dan meminimalkan energi benturan.

Toyota Fortuner

Produk andalan Toyota ini juga sudah mengaplikasikan fitur keamanan dan keselamatan standar, mulai dari SRS airbag, hingga Isofix. Dalam sistem pengereman sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Braking Distribution (EBD), serta Emergency Brake Signal.

Untuk menjaga kendaraaan tetap stabil, Toyota mengaplikasikan teknologi Vehicle Stability Control (4×4 VRZ), Trailer Sway Control (4×4 VRZ), Active Traction Control (A-TRC), serta Hill Start Assist.

Untuk lebih menambah keamanan, ada rear parking camera dan all around sensor, antena berbentuk sirip hiu, juga mount stop LED.

Sebagai pelengkap mobil ini juga memiliki power back door yang bisa terbuka dan tertutup dengan menekan tombol.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner menjadi motor penggerak pertumbuhan positif Toyota.

Chevrolet Trailblazer

Merek asal Amerika ini mengatakan, keamanan menjadi prioritas utamanya dan tercermin pada model terbarunya, Trailblazer. Fitur-fitur keamanan yang ada, seperti Traction Control System (TCS), ABS, Panic Brake Assist (PBA), EBD, Electronic Stability Control (ESC), Hill Descent Control (HDC), Hill Start Assist (HSA), dan Anti-Rolling Protection. Berbagai fitur ini menjadi pelengkap untuk tiga airbag yang di jok baris depan mobil.

Fitur-fitur teknologi lain yang dapat ditemukan di The All New Trailblazer, yaitu Side Blind Zone Alert, Rear Cross Traffic Alert, Lane Departure Warning, Forward Collision Alert, Front and Rear Parking Assist, serta Tire Pressure Monitoring System

Chevrolet Trailblazer

Chevrolet Trailblazer

Isuzu MU-X

Medium SUV Isuzu ini diklaim lengkap fitur keamanan terbaik dan terbaru, dimulai dari ABS dengan  EBD, sistem kontrol traksi, electronis stability control (ESC), hingga kamera 360 derajat yang makin memudahkan saat parkir.

Lalu juga terdapat fitur keamanan baru, Hill Start Aids yang berfungsi menahan mobil agar tidak mundur saat berhenti di tanjakan. MU-X juga disebut memiliki perangkat elektronik pencegah benturan yang sangat canggih, dan terhubungan pada kerangka baja bertekanan tinggi, dengan panel pelindung samping.

Tidak bagitu banyak ditemukan informasi mengenai  penjelasan fitur keselamatan atau keamanan dari Isuzu MU-X, bahkan dari situs resminya.

Ford Everest

Selain Chevrolet, merek asal Amerika lain yang juga memiliki pertarung di segmen SUV medium adalah Ford Everest. Tidak ketinggalan, Everest juga menawarkan berbagai fitur keamanan, seperti dual front airbag, serta dan side & curtain aibags.

Kemudian juga pelengkap lain ada Anti-lock Braking System (ABS), lalu Electronic Stability Program (ESP) dengan Roll Stability Control, serta ada juga Emergency Brake light (EBL).

All New Everest

All New Everest yang sedang diuji pengunjung IIMS 2016. (Foto: Ghulam/KompasOtomotif)

Senjata Everest lainya yaitu, Terrain Management System, yang bisa memberikan pengemudi empat pengaturan, normal, rumput-salju-kerikil, pasir, dan bebatuan. Respons throttle, transmisi, sistem 4WD, dan kontrol traksi, juga bakal menyesuaikan dengan pintar, sesuai permintaan pengemudi.

Kemudian, Curve Control yang berguna saat melalui tikungan dalam kecepatan tinggi, lalu ada juga Blind Spot Information System dengan Cross Traffic Alert, yang bisa menginformasikan pengemudi saat ada mobil di area blind spot, atau ketika bersiap maju-mundur sebelum parkir.

Tags: #Chevrolet #Ford #Isuzu #Pajero #toyota

Must read×

Top