R NineT, Kado 90 Tahun BMW Motorrad

R NineT

R NineT adalah model khusus yang diluncurkan BMW Motorrad untuk Menyambut ulang tahunnya yang ke-90. Dengan mengadopsi banyak sekali perubahan, R NineT tampil dengan gaya roadster klasik dari konsep Lo Rider.

Ketika konsep Lo Rider dikenalkan pada 2008, BMW saat itu mengatakan bakal punya banyak pilihan aksesori dan komponen yang bisa dipilih sesuai selera konsumen. Ternyata ide itu dituangkan pada R NineT agar ulang tahun BMW semakin spesial. Modifikasi pun dengan mudah dilakukan konsumen seperti mengganti pipa gas buang, indikator LED, “buntut”, atau bahkan tanpa buntut sekali pun.

Rangka tubularnya terbagi menjadi dua area. Area depan yang terhubung dengan setang dan kepala, lalu bagian belakang yang tersambung dengan lengan ayun. Sub-frame mampu menopang “boncenger” atau tas penyimpan barang. Kalau tak mau repot, jok penumpang atau kompartemen barang itu bisa dicopot jadi model single seat khas café racer.

Model custom itu disokong mesin boxer galak 1.170cc berpendingin udara, diklaim tenaganya mencapai 108 PS @7.750 rpm dan 109,9 Nm @6.000 rpm. Pipa gas buang disetel lewat sisi kiri, berakhir dengan silencer kembar. BMW juga menyediakan opsi knalpot Akrapovic dengan pelindung karbon.

Suspensi depan teleskopik model terbalik (upside down) khusus dari BMW, sama seperti yang dipakai S1000RR yang bisa disetel. Sementara di belakang menggunakan suspensi satu sisi. Tangki berkapasitas 18 liter dilapisi aluminium, dan itu pun masih bisa dimodifikasi.

Panel instrumen terdiri dari dua bulatan klasik untuk penunjuk kecepatan dan rpm, dipadu mode digital untuk menampilkan posisi gir, waktu, jarak, konsumsi bbm, dan lainnya. Harga dan pasar yang dituju masih menunggu konfirmasi.

Tags: #BMW

Must read×

Top