Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno Roadster hadir sebagai bagian dari ulang tahun Lamborghini yang ke 50. Veneno Roadster didesain tanpa atap atau “soft top” yang bisa dilipat.

Lamborghini Veneno

Mesin

Sebagai sumber penggerak, Lamborghini memasang mesin V12-6,5 liter yang menghasilkan tenaga 740 PS yang dipindahkan ke empat roda melalui girboks manual sekuensial. Beberapa fitur Aventador yang dipasang pada model ini adalah suspensi push rod dan unit pegas atau damper harisontal. Kemampuan dikebut, 0 – 100 km/jam, didapat dalam 2,9 detik dan dikebut 354 km/jam (kalau masih punya nyali!).

Ciri khas Veneno, bagian depan luas, saluran udara samping yang besar, trek lebar dan sayap balap yang bisa diatur. Menggunakan bodi produk teknologi mutakhir, monokok serat karbon yang diperkuat plastik atau carbon fiber reinforced plastic (CFRP) sehingga bobotnya hanya 1.490 kg (kosong, tanpa bensin dan pemnumpang). Serat karbon juga menghiasi sebagian besar interior.

Lamborghini Veneno
Lamborghini Veneno

9 Unit 

Menurut TopGear, Veneno roadster kalah eksklusif dibandingkan versi kupe. Pasalnya, dibuat 9 unit, sedangkan kupe hanya 3 unit.

Kendati demikian, harganya bisa membuat sebagian besar orang terperangah. Harga yang diminta oleh Lamborghini – menurut TopGear – 3,3 juta poundsterling atau Rp 7,13 miliar.

Nah, bayangkan, kalau ada orang Indonesia yang membeli mobil ini. Ia harus mengeluarkan pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM) 150 persen dari harga asli, biaya kirim dan asuransi dari Italia plus jasa dan keuntungan buat importir atau daeler. Kalau sudah begini, bisa jadi harfus mengeluar dana sekitar tiga kali harga harga asli, ya…Rp 20 miliar!

Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno

Lamborghini Veneno

Tags: #Lamborghini

Must read×

Top