Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Kalau Ingin Ngebut

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin ngebut hingga batas kecepatan maksimal.

1. Sirkuit. Lokasi yang dibenarkan, tidak melanggar peraturan dan memang sesuai untuk ngebut adalah sirkuit. “Jalan raya bukan tempat untuk ajang adu kebut atau pamer kemampuan!” tegas Alvin. Karena jalan raya adalah fasilitas umum yang digunakan oleh banyak orang, dengan beragam karakter dan sifat, tentunya akan sangat berbahaya mengemudi kencang.

2. Kondisi. Ingin menggeber mobil di sirkuit pun ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi. Pengemudi harus dalam kondisi fit dan konsentrasi penuh serta dilengkapi dengan peralatan pendukung. Antara lain helm, sarung tangan dan sebisa mungkin baju balap. Mobil yang akan dipakai pun harus dalam kondisi prima. Pastikan sudah dilengkapi perangkat keselamatan yang optimal. Sebisa mungkin menggunakan roll bar.

3. Pengguna jalan lain. Jika dalam kondisi mendesak dan ingin melaju lebih cepat, perhatikan pengguna jalan lain. Pengemudi harus bisa memprediksi gerak gerik di sekitarnya, baik mobil, sepeda motor, angkutan umum dan pejalan kaki. Jangan terlalu memaksa jika kondisi lalu lintas tidak memungkinkan untuk ngebut karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Selain itu pastikan juga kondisi jalan aman dalam segala aspek, seperti cukup lebar, tidak licin, rata, kosong.

4. Jarak Pengereman. Perhitungkan jarak pengereman dengan mengukur jarak dengan kendaraan di depan. Selain itu jarak pandang harus luas dan tidak terhalangi.

5. Sigap. Saat kecepatan relatif kencang pastikan setir di cengkram dengan erat, namun tidak terlalu kaku. Hal tersebut berguna jika sewaktu-waktu harus melakukan manuver dadakan.

Must read×

Top