Performance Daihatsu Xenia Terbaru

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia, salah satu mobil terpopuler di Indonesia baru saja mengalami perombakan. Xenia kini tampil lebih menarik dan aman berkat tambahan Dual SRS Airbag.

Bersama saudara kembarnya, Toyota Avanza, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sejak tahun 2004 telah memproduksi lebih dari 1,5 juta unit Xenia dan Avanza. Jumlah ini setara dengan separuh lebih dari total produksi ADM selama 35 tahun terakhir yang telah mencapai 3 juta unit.

Keduanya diproduksi di Pabrik Perakitan Daihatsu di Kawasan Sunter, Jakarta Utara serta sebagian kecil diproduksi di Pabrik Baru di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat.

Di tengah persaingan segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang makin ketat setelah adanya Proton Exora, Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin, Daihatsu pun memberi beberapa sentuhan penyempurnaan pada mobil andalannya tersebut. Terlebih, Honda juga sudah menyatakan diri akan ikut bermain di segmen ini.

Kenyamanan mobil Daihatsu Xenia

Eksterior

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang berubah di All New Xenia. Sentuhan minimalis tetap membungkus bodi luar mobil ini. Sentuhan krom tampak di bingkai jendela. Selebihnya, antara Xenia airbag dan non airbag bagai anak kembar.

Meski begitu, dengan penampilan ini Daihatsu Xenia tetap enak dipandang. Garis desain yang tegas dari mulai facia hingga ke buritan masih mampu menarik perhatian.

Daihatsu Xenia

Interior

Masuk ke dalam, barulah bisa dilihat perubahannya. Di kabin Daihatsu Xenia baru ini jok lebih tebal dengan desain yang lebih elegan.

Daihatsu Xenia interior

Selain itu, roda kemudi juga terlihat lebih segar dengan desain baru yang berpadu dengan sentuhan aksen krom pada panel seperti center cluster, AC slide register, M/T shift knob, hingga power window.

Anda bisa merasakan kesenyapan saat berada di dalam kendaraan. Noise Vibration (NV) level yang lebih rendah didapat berkat penambahan beberapa titik silencer. Untuk menambah kenyaman saat berkendara, Xenia juga dilengkapi dengan Cabin Air Filter (CAF) yang dapat membuat udara dalam kabin menjadi lebih segar.

Airbag ditempatkan untuk pengemudi dan penumpang depan. Fitur keamanan kemudian masih ditambah dengan Front Row Seatbelt with Pretensionner & Force Limiter yang dilengkapi dengan driver seat belt meter cluster indicator.

Fitur GPS yang ada di Xenia R Family yang detikOto naiki pun secara langsung mampu menambah rasa nyaman karena kekhawatiran untuk tersesat kini sudah terhindari.

Performa dan stabilitas

Daihatsu Xenia R Family menggendong mesin K3-VE DOHC VVT-i yang memiliki kapasitas 1.298 cc dengan 4 silinder.

Mesin 16 katup tersebut mampu melahirkan tenaga hingga 92 PS di kitiran 6.000 rpm dengan torsi 4.400 rpm. Secara spesifikasi tidak ada yang berubah antara Xenia airbag dan non airbag.

Seorang rekan yang mengemudikan mobil ini berkomentar kalau performa dan tenaga All New Xenia cukup kuat untuk membawa mobil ini menanjak tanpa perlu ‘ngos-ngosan.’ Stabilitas pun cukup memuaskan.

mesin Daihatsu Xenia
* * *

Pada dasarnya tidak ada perubahan performa yang signifikan di Xenia generasi kedua baik yang memiliki airbag maupun non airbag.

Hal yang paling membuat beda di Xenia terbaru adalah makin lengkapnya fitur keamanan dengan adanya dual SRS airbag dan beberapa gimmick lain. Selain itu, tidak ada perubahan yang signifikan di mobil ini.
Namun, dengan kondisi seperti itu saja, Daihatsu Xenia masih merupakan salah satu pilihan logis bagi mereka yang mencari mobil di segmen low MPV.

Terlebih Daihatsu juga sudah memiliki jaringan dealer yang cukup banyak untuk menambah rasa nyaman konsumennya yang ingin menikmati layanan purna jual.

Tags: #Daihatsu

Must read×

Top