Tips Membeli Mobil Keluarga

Bagaimana membeli mobil keluarga yang pas? Mulai dari luas interior, bentuk, harga dan tentunya kenyamanan serta keamanan anggota keluarga menjadi pertimbangan dasar.

Berikut ini tips-tips yang mungkin dapat membantu Anda untuk menemukan mobil keluarga yang cocok dan sesuai.

Utamakan Keamanan (Safety First)

Anda pasti akan membawa anak-anak Anda bepergian bersama, dan tak lupa dengan perlengkapan yang mereka miliki, seperti mainan, tas, dan lain sebagainya. Jadi selalu utamakan keselamatan, walaupun setiap mobil dilengkapi dengan standar keamanan yang ada.

Tes drive atau uji keselamatan

Lakukan tes drive sebelum membeli mobil, baik mobil baru maupun mobil second, pastikan semuanya berfungsi dengan baik, mulai dari interior, mesin, stir, bagian-bagian mobil lainnya. Ada baiknya tanyakan juga mengenai uji keselamatan pada dealer mobil yang bersangkutan, apakah sudah lulus uji keselamatan atau belum.

Perhatikan Kantong udara pengaman (air bag)

Mobil-mobil dengan kantong udara pengaman (air bag) sudah mulai diproduksi sejak tahun 1998 dan biasanya kantong udara ini terdapat di bagian depan mobil. Walaupun kantong udara pengaman ini berfungsi untuk menyelamatkan penumpangnya (menurut survey, kantong udara pengaman ini bisa mengurangi risiko kecelakaan hingga 30% pada orang dewasa), namun dapat juga melukai anak-anak.
Anak-anak berusia kurang dari 12 tahun sebaiknya duduk di bangku mobil belakang, hal ini dapat mengurangi risiko terkena kantong udara pengaman dan terjepit diantaranya. Ada beberapa mobil yang sekarang sudah dilengkapi sistem otomatis yang dapat mengenali penumpang anak-anak dan otomatis mematikan sistem kantong udara pengaman (air bag) ini. Namun jika tidak terdapat sistem otomatis, bisa juga dimatikan secara manual. Anda bisa memastikan dengan menanyakan sistem kantong udara pengaman (air bag) ini kepada pihak dealer atau manufacturer mobil yang akan Anda beli.

Sabuk pengaman (seat belt)

Sebaiknya memasang sabung pengaman di setiap kursi, baik itu kursi bagian depan, tengah maupun kursi bagian belakang mobil. Pastikan sabuk pengaman yang Anda pasang ini bisa diatur juga untuk ukuran anakanak. Rem anti-lock (Anti lock brakes) Sistem rem pada umumnya akan mengunci / mengerem pada jalanan yang licin dan dapat menyebabkan mobil terplintir dan tergelincir. Namun saat ini, dapat dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System), yang dapat mengunci disaat mobil tergelincir dan mobil tetap dalam keadaan yang terkontrol.

Safety door dan window locks

Pastikan mobil dilengkapi dengan safety door dan window locks sehingga Anda dapat memastikan Anak-anak selalu aman berada dalam mobil setiap saat.

 

Must read×

Top