Modifikasi Yamaha R6

Punya Yamaha R6 yang notabene mahal dan gahar, tidak bisa membuat Felice berdiam diri. Penampilan standar warna putih yang dilansir pada 2011 dirasa membosankan dan harus didandani. Solusi yang pertama muncul, diwarnai!

Felice membawa tunggangannya ke Baru Motor Sport (BMS), spesialis modifikasi model sport, yang bermarkas di Palmerah Barat. Diskusi pun berjalan dan berhasil mengambil keputusan untuk mengguyur sepeda motor dengan banyak warna. ”Inspirasinya dari desain helm Shinya Nakano. Dia punya banyak motif helm warna-warni, salah satunya kita ambil,” ujar Ariawan, empunya BMS.

Dari sekian banyak warna, diambil kombinasi merah, ungu, biru, hitam, dan putih. Warna-warni ini tidak menorakkan penampilan, justru membuatnya semakin segar dan agresif. ”Coba kalau cuma putih, paling ngeliriknya dikit. Kalau warna seperti ini orang pasti nengok,” canda Ariawan.

Karena dari awal niatnya cuma bermain motif di bodi, tidak ada permainan fiber seperti yang Ari lakukan. Hanya penambahan aksesori plug and play di hampir semua bagian. Misalnya penggunaan merek Rizoma untuk pijakan kaki, tutup tangki, tuas gas, hingga tabung minyak rem. Spion menggunakan merek Baracuda agar serasi dengan tajamnya muka R6.

Meski tidak ada perubahan suspensi, agar tampak seimbang dan memperkuat penampilan racing, peranti rem diubah total. Ari memasang kaliper Brembo GP4RX dengan master rem merek sama tipe RCS-19. Selain menguatkan aura sporty, peranti rem yang naik kelas lebih meyakinkan Felice untuk performa pengereman.

Satu lagi, knalpot standar dipensiunkan lalu diganti merek Arrow GP Series yang diklaim sanggup menaikkan tenaga. Tak butuh waktu lama, Ariawan hanya mengopreknya tak sampai dua minggu. Banyaknya penggunaan aksesori ringan yang gampang dipasang dan tidak ada perubahan bodi adalah alasan utama.

Biaya? Ternyata tak cukup murah. Hanya dengan penambahan aksesori bermerek dan perubahan cat bodi, Felice harus merogoh kocek lebih dari Rp 50 juta. Hmmm, cukup untuk beli Kawasaki Ninja 250FI baru!

Tags: #Yamaha

Must read×

Top