Tiga Mobil Esemka Siap Meluncur November Ini, Ini Spesifikasinya


Tiga mobil merek Esemka pada berencana diluncurkan tahun ini. PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), membenarkan soal mobil pikap kabin ganda Esemka Digdaya yang mengaspal di jalanan Kota Solo.

Rencananya mobil itu akan diluncurkan tahun ini berbarengan dengan dua model lainnya yakni pikap, pikap kabin ganda, dan minibus untuk keperluan sektor bisnis transportasi.

“Enggak cuma Esemka Digdaya, kita juga punya pikap Bima dan model minibus semacam Toyota Hiace,” kata salah satu sumber PT ACEH, sebagaimana dilansir Kumparan, Senin (25/9).

“Kemungkinan (launching) Oktober atau November tahun ini,” imbuhnya.

Adapun produksi mobil Esemka itu sendiri ada di dua pabrik yang berlokasi di Cileungsi dan Boyolali.

Lantas, bagaimana spesifikasi tiga mobil buatan Esemka tersebut? Berikut ulasan singkatnya:

Esemka Digdaya

Mobil pikap kabin ganda ini jadi buah perbincangan di media sosial setelah tertangkap kamera sedang mengaspal di jalanan Kota Solo, Jawa Tengah.

Meski demikian, belum ada informasi soal spesifikasi yang diusung mobil ini.

Generasi #Indonesia #Esemka #Smkbisa #Smk

A post shared by ESEMKA (@esemka_indonesia) on

Esemka Bima

Esemka nampaknya tahu benar bagaimana cara mengambil celah pasar. Bukan merilis model MPV (Multi Purpose Vehicle) yang punya pasar terbesar, namun mereka justru menciptakan produk untuk solusi logistik.

Esemka Bima adalah pikap yang bisa diandalkan industri kecil dan menengah. Mengacu unggahan di Instagram @esemka_indonesia, mobil pikap ini mengandalkan mesin berkapasitas 1,3 liter.

Esemka Bima

Esemka Bima

Esemka Borneo

Mobil ini sudah dipastikan menyasar segmen transportasi. Secara desain tampilannya mirip dengan Toyota Hiace dengan menggunakan mesin 2,7 liter.

Sejauh ini belum ada informasi soal apakah model ini lahir berkat kerja sama dengan pabrikan lain atau tidak.

Diberitakan sebelumnya, Esemka Digdaya tertangkap kamera netizen tengah mengaspal di Kota Solo, Jawa Tengah. Mobil pikap kabin ganda yang heboh di media sosial itu berwarna putih dan menggunakan plat nomor putih `AD 9130 XO`.
Selain itu dia juga memiliki emblem bertuliskan `ESEMKA DIGDAYA` di bagian kiri bawah.

Namun, publik merespons bahwa Esemka Digdaya itu mirip dengan pikap yang dirancang dan diproduksi oleh Guangdong Foday Automobile (GFA). Belum diketahui pasti di mana peran Foday dalam produksi Esemka Digdaya.

Netizen membandingkan mobil Esemka Digdaya dengan mobil pabrikan China

Netizen membandingkan mobil Esemka Digdaya dengan mobil pabrikan China

Baca selengkapnya: Mobil Esemka atau Mobil China Ganti Merek? Berikut Penjelasannya

Mengacu situs resmi GFA, pikap kabin ganda Esemka Digdaya itu memiliki pilihan mesin bensin dan Diesel. Mesin bensinnya berbasis seri 4G69S4N berkubikasi 2.378 cc yang hasilkan tenaga 100 kW pada 5.250 rpm dan torsi 200 Nm pada 2.500-3.000 rpm. Sedangkan Dieselnya menggunakan seri D19TCIDI berkubikasi 1.850 cc yang memproduksi 100 kW pada 4.000 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.800-2.800 rpm.

GFA merupakan pabrikan otomotif berbasis di Kota Foshan, Provinsi Guangdong, China. Perusahaan itu mengklaim memiliki 2.000 pekerja, termasuk 20 persen di antaranya ada teknisi andal. Tak cuma fokus memproduksi, mereka juga memiliki pusat riset dan pengembangan produk sendiri.

Fasilitas produksi mereka seluas 700.000 meter per segi yang memiliki 4 lajur produksi. Tiap bulan pabrik GFA bisa mencetak 20.000 set komponen. Perusahaan ini bisa melayani produksi dalam bentuk OEM (Original Equipment Manufacturer) atau ODM (Original Design Manufacturer).

Foday F22 (Foto: Alibaba.com)

Foday F22 (Foto: Alibaba.com)

Sudah bisa dipesan

Meski belum ada informasi lengkap mengenai tiga produk di atas, pihak Esemka melalui kolom komentar di Instagram menyebar formulir pemesanan produk.

Laman berbasis Google Docs itu mengharuskan pemesan mengisi data diri yang sesuai. Di sana, mereka juga memberikan pilihan untuk produk yang akan dipesan, lengkap dengan warna yang dipilih, dan metode pembayaran; kontan atau kredit.

Bagi Anda yang penasaran dan berniat memesan unit buatan Esemka bisa klik di tautan ini.

 

Tags: #Esemka

Must read×

Top