stat counter Belum Ada yang Bisa Menggeser Avanza di Hati Masyarakat Indonesia - Jurnalotomotif.com

Belum Ada yang Bisa Menggeser Avanza di Hati Masyarakat Indonesia

Avanza


Toyota mempertahankan dominasinya di pasar kendaraan MPV. Sebagian besar pencapaian itu didongkrak oleh Avanza.

Avanza mencatat angka tertinggi dalam penjualan produk Toyota di pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017, 10-20 Agustus kemarin.

Hal tersebut membuktikan bahwa Toyota Avanza masih melekat di hati konsumen Indonesia.

Di tengah semakin ketatnya persaingan segmen LMPV, penjualan Avanza — termasuk Veloz — mencapai 2.191 unit surat pemesanan kendaraan (SPK) pada GIIAS kemarin.

Avanza berkontribusi besar pada total penjualan Toyota yang mencapai 7.136 unit. Jumlah itu naik 3,2 persen jika dibandingkan dengna total penjualan Avanza pada GIIAS tahn sebelumnya yang hanya sebesar 2.123 unit.

“Para pelanggan tetap antusias terhadap sang legenda kendaraan keluarga Indonesia yang sudah berusia 14 tahun, di tengah kian maraknya model baru masuk ke segmen ini,” ujar Executive GM PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, sebagaimana dikutip Antara, Kamis (24/8/2017).

Bukan hanya itu, penjualan Avanza pun menggeser dominasi Toyota Calya.

Pada GIIAS 2016 Calya memberi kontribusi sebesar 2.225 unit pada total penjualan Toyota. Namun pada GIIAS tahun ini, Calya hanya mampu mencatatkan SPK sebanyak 1.264 unit, menempati posisi kedua dalam penjualan Toyota, setelah Avanza.

“Penurunan (penjualan Calya) ini wajar karena segmen pasar ini sedang terkena efek memilih prioritas yang harus dipenuhi,” imbuh Soerjo.

Meski demikian, Soerjo mengapresiasi pencapaian itu. Mengingat kerasnya persaingan pasar di segmen kendaraan serbaguna (MPV) yang merupakan “kue terbesar” otomotif di Indonesia.

Toyota tetap memimpin pasar dengan total penjualan MPV mencapai 5.328 unit atau 74 persen dari total pencapaian Toyota selama GIIAS 2017.

“Ini membuktikan minat pelanggan terhadap mobil-mobil Toyota, terutama MPV, tetap tinggi,” ujar dia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *