stat counter 4 Cara Meningkatkan Kualitas Sinyal GPS Buat Para Pecinta Otomotif - Jurnalotomotif.com

4 Cara Meningkatkan Kualitas Sinyal GPS Buat Para Pecinta Otomotif


Sobat pecinta otomotif pasti sering melakukan perjalanan ke berbagai daerah yang terkadang sangat sulit sekali menemukan sinyal yang bagus. Padahal Google Maps sangat diperlukan untuk menemani setiap perjalanan sahabat. Apalagi jika sobat bepergian ke lokasi yang sebelumnya tak pernah sahabat kunjungi. Sinyal yang bagus sangat penting untuk navigasi.

Tapi tenang saja, dalam berita otomotif ini, sahabat akan tahu cara memperbaiki sinyal GPS pada perangkat android sahabat.

Apa itu GPS?

Untuk mengetahui cara mengoptimalkan GPS, penting untuk memahami cara kerjanya. GPS adalah singkatan dari Global Positioning System dan dikembangkan oleh Angkatan Darat AS pada tahun 1973, namun pada tahun 1995 diluncurkan untuk tujuan sipil. Apliksi awalnya digunakan dengan 24 satelit tapi sekarang ada 31 satelit GPS di orbit.

Smartphone berkomunikasi dengan satelit ini melalui antena GPS, yang merupakan bagian dari perangkat keras di sebagian besar smartphone dan tablet masa kini. Perangkat keras ini terhubung melalui driver dengan perangkat lunak. Dengan demikian, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas sinyal GPS sahabat.

  1. Aktifkan Mode ‘High accuracy’

Untuk mendapatkan sinyal terbaik, sahabat harus menguras baterai sedikit lebih banyak dari biasanya. Cara ini tak bisa sahabat hindari. Toh kita bisa menghentikan cara ini kala sudah tak lagi butuh GPS. Mengaktifkan Mode High Accuracy sangat mudah; Ikuti saja beberapa langkah berikut ini.

Buka Setelan, lalu ketuk Lokasi dan pastikan bahwa layanan lokasi aktif. Sahabat harus bisa mengaktifkannya di bagian kanan atas layar sahabat. Sekarang kategori pertama di bawah Lokasi harus berupa Mode, ketuk dan pastikan itu disetel ke High Accuracy. Hal ini akan menyebabkan GPS dan jaringan Wi-Fi serta ponsel memperkirakan lokasi. Juga akan menyebabkan penggunaan baterai lebih banyak ketimbang biasanya, namun hal ini akan membuat akurasi GPS semakin baik.

  1. Biarkan Sinyal GPS Tetap Aktif

Salah satu hal yang sering laukan oleh para pengguna smartphone adalah mematikan GPS saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, demi menghemat baterai. Misalnya bermain Pokémon Go dan ingin melihat pesan terbaru, GPS bisa dimatikan.

Namun, jika kamu ingin GPS tetap punya akurasi tinggi, lebih baik biarkan sinyal GPS tetap aktif. Untuk membuat GPS tetap aktif, kita harus menginstal aplikasi GPS. Salah satu yang bisa kamu pakai adalah aplikasi bernama Connected GPS. Aplikasi ini adalah aplikasi sederhana yang sangat mudah digunakan.

  1. Instal Aplikasi GPS Essentials

Dengan aplikasi GPS Essentials, kita dapat mengetahui apakah sinyal GPS buruk disebabkan oleh masalah hardware atau software. Pada menu utama GPS Essentials, ketuk Satelit, lalu perhatikan lah, smartphone kamu akan terhubung ke satelit di sekitar bumi.

Jika tidak ada satelit yang muncul, maka ini mungkin disebabkan oleh gangguan dari benda-benda logam di sekitar kita, atau perangkat keras GPS tidak bekerja sebagaimana mestinya. Jika satelit muncul, namun GPS masih buruk signalnya, maka ini adalah masalah perangkat lunak, maka kamu harus membaca beberapa cara lain dalam tulisan ini.

  1. Refresh Data GPS Anda

Terkadang smartphone ‘terjebak’ pada satelit GPS tertentu yang menyebabkan perangkat tidak berfungsi dengan baik. Untuk memperbaiki ini, kita dapat menggunakan aplikasi seperti GPS Status & Toolbox untuk menghapus data GPS mulai terhubung ke GPS kembali.

Nah itulah beberapa tips dari dari berita otomotif yang bisa sahabat praktekkan demi membuat sinyal GPS berkualitas baik. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close