Tips Jitu Dapatkan Mobil Bekas Berkualitas Lewat Online


Mencari kendaraan bekas memang susah-susah mudah, apalagi jika dilakukan lewat dunia maya.

Sebab, calon pembeli cuma bisa melihat kendaraan bekas dalam bentuk foto sera deskripsi dari si penjual. Terlebih lagi jika yang melakukan adalah orang awam, tentu akan mudah terkecoh, terutama di bagian mesin yang kadang tidak sesuai keinginan.

Sebenarnya ada beberapa trik aman agar calon pembeli tidak tertipu dalam menemukan kendaraan bekas impiannya lewat dunia maya alias lewat situs jual-beli online. Salah satu trik ampuh adalah dengan melakukan janji temu dengan penjual mobil bekas di bengkel resmi terdekat.

Tentu saja calon pembeli harus memilih bengkel yang sesuai merek kendaraan incarannya. Sebab, di bengkel tersebut biasanya menyediakan layanan pengecekan kendaraan.

Baca daftar harga terbaru mobil semua merek

Sebagaimana diungkapkan Chief Marketing Officer OLX Indonesia Edward Kilian, ketika datang untuk janjian bertemu di bengkel, biarkan saja para ‘ahli’ menangani mobil untuk melakukan pengecekan

Edward menambahkan, dengan melakukan pengecekan di bengkel resmi setidaknya calon konsumen bisa mengetahui rekam jejak kendaraan. Walaupun kendaraan tersebut tidak memiliki history service.

“Itu adalah cara paling nyaman antara penjual dan pembeli. Karena ada pihak ketiga, yaitu bengkel yang memang mengerti hal itu,” kata Edward.

Oleh sebab itu, sebaiknya calon konsumen melakukan pengecekan fisik mobil terlebih dahulu secara langsung sebelum memutuskan untuk membli. Walaupun penjual dan pembeli sudah menyepakati harga lewat telepon sebelumnya, tapi, menurut Edward, serah terima barang dan uang tetap dilakukan setelah pengecekan di bengkel.

Surat-surat kendaraan 

Jika masih ragu terhadap kondisi kendaraan, Edward menambahkan, contohnya pada soal kepemilikan, calon pembeli disarankan untuk melakukan pengecekan di Samsat sesuai domisili mobil.

“Cuma paling pertama paling penting itu STNK dan BPKB. Paling aman dibawa ke samsat, dokumen kesangkut masalah apa enggak, itu paling aman,” ujar dia.

“Kedua, pas tadi bawa ke bengkel (cocokkan) nomor mesin dan rangka. (Hal ini) tentu membantu. Nah paling aman begitu. Ya, kalo tidak ada surat dan BPKB jangan dibeli,” kata dia.

 

Tags: #Mobil Bekas

Must read×

Top