Mobil Sudah Tak Perlu Kaca Spion, Inilah Penggantinya


Penggunaan spion mobil dengan kaca yang sudah berlangsung lama di masa depan sepertinya sudah tidak ada lagi, melainkan akan diganti dengan kamera lengkap dengan layar display nya.

Jika biasanya kita melihat mobil dengan kaca spion di bagian samping, kini fenomena itu sedikit demi sedikit akan mulai luntur. Pada jaman sekarang, penggunaan kaca spion pada mobil dirasa kurang safety. Mengingat banyaknya pengendara mobil sehingga jalanan menjadi sangat ramai membuat kita harus focus kedepan tanpa dapat melihat kaca spion yang berada di samping.

Teknologi Pengganti Kaca Spion: Smart Rear View Monitor

Oleh karena itu diharapkan beberapa tahun kedepan akan muncul teknologi yang dapat menggantikan fungsi kaca spion pada mobil. Salah satu teknologi yang ramai diperbincangkan adalah kamera dengan layar display.

Kabarnya, pemerintah jepang telah mengindahkan harapan itu. Buktinya jepang telah menyetujui adanya uji coba mobil tanpa kaca spion di jalanan umum. Kabar gembira ini sontak memicu para pemasok teknologi di jepang untuk mengembangkan teknologi nya sebagai pengganti kaca spion mobil. Dan bahkan sudah ada beberapa pemasok yang sudah siap dengan teknologi pengganti kaca spion itu. Salah satunya adalah Ichikoh Industries dari Jepang. Dan yang berhasil menggunakan teknologi ini untuk pertama kali adalah mobil Nissan.

Pada mobil tersebut dipasang Smart Rear View Monitor. Smart Rear View Monitor merupakan produk baru yang sedang di kembangkan oleh Ichikoh. Ini merupakan produk canggih pertama yang berhasil di kembangkan oleh Ichikoh sebagai pengganti kaca spion mobil. Teknologi canggih itu kabarnya akan segera di sematkan pada salah satu mobil di jepang.

Pemerintah jepang menilai bahwa mobil tanpa kaca spion memiliki banyak fungsi. Selain itu, mobil tanpa kaca spion juga dapat meningkatkan keamanan para pengguna mobil mengingat jika menggunakan kamera maka tidak lagi memiliki blind spot dari pilar. Ichikoh memprediksi, pada tahun 2023 sekitar 29% mobil di jepang akan mengganti kaca spion konvensional dengan kamera. Sementara, 12% dari mobil di jepang sudah tidak lagi menggunakan spion samping.

Setelah Ichiko, pemerintah jepang berharap akan ada rekomendasi teknologi canggih lain yang dapat dilakukan uji coba. Mengingat penggantian kaca spion mobil dengan kamera bertujuan untuk meningkatkan keamanan para pengendara mobil, di harapkan para pemasok teknologi dalam mengembangkan teknologinya itu harus tetap mengutamakan keamanan para pengendarannya. Semoga teknologi canggih ini bukan hanya berkembang di jepang, tapi juga di Indonesia guys. Hanya saja kita patut bertanya, setelah mobil tak lagi menggunakan kaca spion, akankah harga kaca jadi turun?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *