Tips Membeli Mobil Bekas


Memiliki sebuah kendaraan, tentu adalah salah satu hal yang wajib dimiliki pada zaman sekarang ini. Pasalnya, dengan memiliki sebuah mobil, kita bisa dengan mudah dalam mencapai lokasi tujuan. Baik itu untuk keperluan sekolah, kuliah, pekerjaan, maupun hanya untuk bersilaturahim bersama dengan rekan dan saudara.

Kendati demikian, memiliki mobil yang nyaman dengan harga murah tentu Anda harus memiliki budget yang cukup besar. Hal tersebut tentu tidak bisa didapatkan oleh setiap orang. Oleh karena itu, dengan membeli mobil bekas, adalah salah satu alternative untuk memiliki mobil murah, bagus, dan nyaman.

Banyak sekali orang yang menjual berbagai mobil bekasi baik di situs mobilbekas.com, maupun Koran. Kendati demikian, tentu Anda harus selektif dalam mebeli mobil bekas. Berikut beberapa tips dalam memilih mobil bekas.

Kelengkapan Surat-surat

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam membeli sebuah mobil bekas adalah dengan memperhatikan berbagai kelengkapan surat yang dimiliki oleh sang penjual, seperti BPKB dan STNK. Pasalnya, Anda harus lebih teliti dalam melakukan jual beli mobil dengan orang yang Anda tidak kenal. Terlebih saat ini banyak sekali berbagai kasus penipuan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda segera mengajak pembeli untuk mengurus berbagai surat perpindahan tangan kendaraan yang akan Anda beli.

Jika Anda tidak memutuskan untuk langsung untuk melakukan perubahan kepemilikian dalam surat-surat kendaraan Anda, hal lain yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan cek pada nomor mesin. Anda bisa membandingkan nomor yang tertera dalam mesin, dengan STNK dan BPKB.

Kondisi Rangka Mesin

Jika Anda hendak membeli mobil bekas untuk menjadi salah satu kendaraan yang akan Anda beli, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kondisi rangka serta mesin dari mobil tersebut. Dengan demikian, Anda pun bisa memperkirakan keadaa mobil bekas yang hendak Anda beli.

Dalam melakukan percobaan terhadap mobil yang hendak Anda beli, ada baiknya Anda melakukan berbagai track, dengan kecepatan yang berbeda. Hal tersebut agar Anda bisa merasakan kendaraan dalam berbagai kondisi.

Kendati demikian, tentu ketika Anda hendak mencoba atau testing mobil yang akan Anda beli, Anda harus mengajak pemilik kendaraan untuk ikut bersama Anda. Hal tersebut selain agar pemilik kendaraan tersebut percaya kepada Anda, juga untuk menghindari tuduhan dari berbagai kerusakan yang tidak dilakukan oleh Anda.

Keaslian Suku Cadang

Jika Anda memahami berbagai persoalan mesin, tentu hal ini adalah permasalahan checking yang mudah. Tentu Anda bisa dengan mudah dan seksama dalam mengetahui keaslian dari suku cadang yang digunakan.

Kendati demikian, jika Anda tidak memiliki berbagai pengetahuan serta pengalaman dalam menentukan keaslian dari sebuah suku cadang. Anda bisa mengajak rekan yang mengerti permasalahan tersebut, atau Anda juga bisa langsung melakukan pemeriksaan di bengkel yang terpercaya.

 

Tags: #Mobil Bekas

Must read×

Top