stat counter Siap-siap, Mobil Murah dari Malaysia segera Masuk Pasar Indonesia - Jurnalotomotif.com

Siap-siap, Mobil Murah dari Malaysia segera Masuk Pasar Indonesia

proton iriz

Jurnalotomotif.com – Proton Iriz, mobil murah asal Malaysia, tampaknya tidak lama lagi akan masuki pasar  Indonesia.  Hal ini terbukti dari sudah berhasilnya Iriz melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT), di Kementerian Perindustrian.

Di negaranya sendiri mobil ini diluncurkan September  2014 lalu.

Dari data yang TPT, Iriz butuh waktu lima hari, untuk bisa mendapatkan lampu hijau dari Kemenperin. Di mana penyerahan data akhir dilakukan pada  8 September 2016 dan terbit TPT di 13 September 2016. Kabar akan kehadiran salah satu model mobil nasional Malaysia ini, sebenarnya sudah dibicarakan pada awal 2015 lalu.

Di Malaysia, mobil Proton terkecil ini punya dua pilihan mesin, yaitu 1.3L dan 1.6L. Namun untuk di Indonesia (sesuai TPT) disiapkan tipe 1.3L saja, dengan kelengkapan transmisi manual dan CVT.

proton

Proton Iriz yang tercantum di dalam daftar TPT Kementerian Perindustrian.

 
Saat ini, Iriz dibanderol dengan harga mulai dari 41.520 ringgit atau Rp 132,2 juta di Malaysia. Jika harganya di Indonesia hampir serupa dengan itu, Iriz akan berada di segmen mobil LCGC lima penumpang.

Presiden Joko Widodo juga ternyata pernah menjajal mobil ini saat berkunjung ke Malaysia. Dirinya duduk di bangku penumpang depan, dan mobil dikemudikan oleh Chairman Proton, Mahathir Mohamad.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close