Tiongkok Uji Coba Bus Raksasa “Pemakan Mobil” untuk Atasi Macet


Jurnalotomotif.com – Pada pameran International High-Tech Expo ke-19 di Beijing beberapa bulan lalu, pengunjung dikejutkan dengan pameran konsep bus raksasa yang mampu “menampung” mobil dan banyak penumpang sekaligus.  Bus raksasa ini adalah salah satu strategi pemerintah Tiongkok mengatasi kemaceta.

Bus ini memiliki tinggi di atas rata-rata dan berjalan di jalur khusus, sehingga memungkinkan mobil-mobil berjalan di bawahnya, seolah-olah bus memakan dan memuntahkan mobil.

bus raksasa

Sekarang ini Tiongkok sedang melakukan uji coba bus dengan kabin luas yang cukup menampung 300 penumpang dan memungkinkan mobil-mobil berjalan di bawahnya.

Tentu kehadiran bus ini menjadi solusi tersendiri. Tak hanya membawa banyak penumpang, bus juga tidak menambah volume kendaraan di jalan, justru memungkinkan mobil-mobil berjalan di bawahnya. Meski mungkin membutuhkan nyali lebih untuk melewati “kolong” bus raksasa ini.

bus raksasa2

Bus tengah dalam tahap prototype dan diujicoba dengan nama TEB-1. Sejauh ini tidak ditemui kendala berarti. Kompartemen penumpang berukuran 22x8m. Namun hanya beberapa dari 300 penumpang yang bisa mendapat duduk di sisi dan tengah ruang, sementara sisanya harus berdiri, meski space terbilang sangat luas.

bus raksasa4

Hmm.. akan cukup menarik untuk mengikuti perkembangan bus unik ini.

bus raksasa3

Sumber: gopego

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *