stat counter 4 Kriteria Asuransi Mobil dengan Kualitas Bagus - Jurnalotomotif.com

4 Kriteria Asuransi Mobil dengan Kualitas Bagus

Asuransi Mobil TLO - Asura


Mengetahui kriteria atau ciri-ciri asuransi mobil berkualitas baik dapat membantu Anda menekan risiko terburuk bagi kendaraan. Sebab musibah seperti kecelakaan sangatlah tidak bisa diprediksi dan akan makan banyak biaya untuk mengganti kerugiannya. Jadi untuk mengantisipasinya, kenali terlebih dahulu perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Kali ini Anda harus memperhatikan pelayanannya, karena dari segi biaya, premi asuransi sudah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Lantas, apa saja kriteria perusahaan asuransi yang mempunyai kualitas baik?

1. Mempunyai Perlindungan Lengkap

Setidaknya, ada dua jenis pertanggungan asuransi kendaraan yang harus Anda ketahui, yakni asuransi gabungan serta asuransi kerugian total. Asuransi gabungan atau all risk insurance adalah jenis asuransi yang menjamin kerugian akibat kecelakaan skala kecil sampai besar, hilangnya perlengkapan tambahan akibat perusakan, sampai kendaraan hilang.

Sementara itu, asuransi kerugian total atau total loss only adalah jenis asuransi yang mencakup kerugian yang disebabkan kecelakaan. Kerusakan minimalnya harus 75% dari biaya pertanggungkan dan kalau mobil Anda hilang. Maka pertimbangkan jenis asuransi mobil mana yang Anda butuhkan.

2. Memilki Rekanan Bengkel yang Andal

Sebuah perusahaan asuransi umumnya bekerja sama dengan bengkel sebagai rekanan. Ketika Anda melakukan klaim, Anda akan diberikan pilihan bengkel yang menjadi partner bisnis perusahaan tersebut. Namun, Anda harus berpikir ulang kalau ternyata bengkel yang ditawarkan perusahaan ternyata sulit untuk dijangkau dan malah akan menambah biaya untuk transportasi.

Tidak semua perusahaan asuransi mempunyai rekanan bengkel andal. Jadi untuk memastikan kondisi mobil Anda selamat, Anda perlu juga memperhatikan bagaiamana staf di bengkel tadi bekerja. Sehingga nantinya Anda bisa tahu di bengkel mana Anda mempercayakan keselamatan mobil tersebut.

3. Layanan Ekstra dari Asuransi Mobil

Karena sudah tidak bisa bersaing harga, maka perusahaan asuransi akan berlomba-lomba menyediakan layanan tambahan. Pelayanan dari asuransi tersebut tentunya harus menguntungkan mereka juga, agar tidak cepat merugi. Di sisi lain, Anda sebagai konsumen, perlu memperhatikan sejauh mana kualitas dari layanan ekstra yang diberikan perusahaan terhadap kendaraan Anda.

Salah satunya adalah customer service atau layanan kosumen perusahaan asuransi mobil. Perusahaan yang baik akan menyediakan layanan selama 24 jam. Jadi Anda tak akan kesulitan mencari bantuan saat hal-hal buruk terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi hari.

4. Kemudahan dalam Proses Klaim

Kriteria terakhir ini sangat diperhitungkan mengingat banyak keluhan tentang sulitnya melakukan klaim dari perusahaan asuransi. Beberapa asuransi biasanya memakai cara langsung untuk mencari nasabah atau melalui multifinance, agen, bank, hingga broker untuk promosi. Anda sebagai target mereka tetap harus cermat saat memilih media untuk kerja sama dengan perusahaan asuransi. Contohnya dengan menggunakan broker, Anda ternyata bisa mendapatkan keuntungan. Di antaranya, Anda dapat memperoleh bantuan saat akan membeli produk asuransi. Kemudian saat akan melakukan klaim, Anda juga akan didampingi. Proses tadi akan membantu terutama kalau Anda masih awam.

Selain empat kriteria di atas, ada hal-hal lain yang menjadi ciri perusahaan asuransi mobil yang baik. Mereka biasanya menyediakan layanan perluasan pertanggungan asuransi. Layanan ini mencakup tanggung jawab hukum terhadap penumpang dan pihak ketiga, bencana alam, huru-hara, dan lain sebagainya. Ada juga yang menyediakan fasilitas ekstra seperti mobil derek 24 jam, jasa montir, ambulans, hingga mobil pengganti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *