Tidak Ada Yamaha Murah di Indonesia


JurnalOtomotif.com, Harga Yamaha – Yamaha mengungkapkan, seandainya mereka melemparkan ke pasar sepeda motor dengan harga supermurah seperti halnya yang Yamaha India lakukan (harga Yamaha India berkisar 30 ribu rupee atau berkisar Rp 6 jutaan), maka hal ini bisa menghancurkan kualitas produk yamaha yang sedang dibangun saat ini.

Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Masykur, seperti dilansir Kompasotomotif, mengatakan bahwa sepeda motor dengan harga super murah ada segmennya tersendiri, sebab memang ada konsumen yang mau menerima produk sepeda motor super murah seperti itu.

Namun secara kualitas, hal itu tidak sesuai dengan apa yang saat ini sedang dibangun Yamaha. Masykur pun mengatakan, bisa saja Yamaha Indonesia menyediakan sepeda motor murah, tapi masalahnya kemudian adalah apakah produk tersebut cocok dengan ekspektasi konsumen.

Masykur kemudian menyampaikan pengalaman mengenai produk sepeda motor bebek milik pesaing yang dijual dengan harga murah ketika itu. Tapi yang terjadi kemudian, produk itu tidak diterima pasar dengan baik.

yamaha murah india

Yamaha Motor India yang dijual dengan harga supermurah

Ketika itu sepeda motor murah Yamaha diberi cat berkualitas lebih baik dari produk kompetitor dan saat digunakan beberapa tahun masih mengilat dibandingkan produk kompetitor. Tapi ketika Yamaha berkeinginan menyamakan harga supaya biaya produksinya sama, konsumen justru langsung menolaknya dengan alasan gengsi.

Masykur menambahkan, selera dan karakter konsumen pasar di Indonesia sangat berbeda dengan pasar di India. Perbedaannya seperti bumi dengan langit bahkan, ujarnya. Konsumen Indonesia memiliki masalah pengalaman dengan produk harga murah.

Salah satu contohnya adalah yang terjadi pada keberlanjutan motor China di Indonesia yang dimana produk tersebut memiliki harga yang sangat murah.

Jadi, menurut Masykur, tidak bisa ada harga murah yang laris terus di Indonesia.

“Pengaturan harga penting buat Yamaha. Namun permintaan konsumen terhadap sepeda motor harus diperhatikan ,” ucap Masykur.

Tags: #Yamaha

Must read×

Top