Tips Mengganti Velg.

velg

Kembali kita bicara tentang velg. Pada artikel sebelumnya telah ditulis tentang tips memilih velg. Dan kali ini kita akan berbagi tentang tips mengganti velg.

Setiap orang yang memiliki kendaraan pasti menginginkan tampilan yang berbeda dengan kendaraan lainnya. Tidak heran kalau banyak orang rela melakukan berbagai cara dari cara simple hingga ke yang paling ekstrim.

Salah satu cara yang paling sederhana dan cepat untuk membuat mobil tampil beda adalah mengganti velg standar atau original dengan yang aftermarket.

Sebenarnya ada berbagai kriteria velg yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tetapi anda harus bijak dalam pemilihan velg ini, salah-salah anda akan dapat mempengaruhi kenyamanan dan juga budget anda dapat terkuras banyak, tentunya ini dapat merugikan anda juga.

Dalam dunia modifikasi, khususnya untuk penggantian besar ukuran velg dikenal istilah plus one, plus two, dan seterusnya. Maksud istilah tersebut adalah, kata Plus = Tambah, sedangkan kata belakangnya seperti one, two dan seterusnya = menentukan besar ukuran velg dari standarnya, contoh kata plus one, ini berarti istilah jika pelek original / standar berukuran 17” ingin diganti dengan ukuran 18”. Begitu juga dengan istilah plus two atau seterusnya.

Khusus mobil harian bila ingin diganti velg yang ukurannya lebih besar dari aslinya / original equipment (OE), sebaiknya menggunakan velg maksimal plus two dari ukuran standarnya, misalnya standar velg yang diberikan oleh pihak ATPM adalah 15” maka maksimal penggunaan velg adalah 17”. Hal ini dimaksudkan supaya penggunaan velg tidak akan menyusahkan anda dikemudian hari dengan adanya modifikasi kaki-kaki, karena ini berkaitan dengan kenyamanan yang akhirnya menyentuh pada performa mobil dalam penggunaan sehari-hari. Berbeda dengan penggunaan untuk segmentasi fashion atau show off (salah satu penggunaannya untuk mobil kontes).

Pada mobil untuk show off biasanya penggantian ukuran mencapai plus four, hal ini diperlukan karena memang velg sangat berperan sebagai trendsetter dan untuk point penilaian kontes, sehingga mobil hanya diperuntukkan pada saat kontes berlangsung. Dari sini pun ada berbagai karakter dalam penggunaan show off, seperti menggunakan aliran ekstrim, elegant, racing, ataupun retro (klasik).

Sedangkan pada mobil balap maka harus dipergunakan velg yang ringan sekaligus kuat sehingga tak ada tawar menawar soal kualitas. Disini velg dapat mempengaruhi performa mobil dan keselamatan pengemudi secara langsung.

Itulah sedikit tips mengganti velg kendaraan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *